Wednesday, April 18, 2012

Pencegahan SILENT KILLER "Serviks Uteri"

"Serviks Uteri", umumnya dikenal dengan Kanker Leher Rahim atau Kanker Mulut Rahim. Kanker seviks uteri adalah tumor ganas primer yang berasal dari sel epitel skuamosa. Sebelum terjadinya kanker, akan didahului oleh keadaan yang disebut lesi prakanker atau neoplasia intraepitel serviks (NIS). 

Sebagian besar penderita kanker serviks uteri datang berobat pada stadium lanjut, karena pada stadium awal penyakit ini tidak menimbulkan gejala. Kanker ini merupakan penyebab kematian utama kanker pada wanita di negara-negara berkembang termasuk indonesia. 

Dikarenakan penyakit ini tidak menimbulkan gejala, maka sering disebut sebagai SILENT KILLER, karena itu ada baiknya kita mencegah sebelum mengobati. Menurut Pusat Deteksi Dini Kanker, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk dapat terhindar dari penyakit ini, yaitu

  1. Sehabis buang air kecil keringkan dengan tissue, yang tidak disimpan di kamar mandi (kr kamar mandi kondisi lembab menjadi tempat sarang kuman dan jamur)
  2. Hindari cebok dgn air bak mandi/toilet umum, juga penggunaan jet flusher berlebihan, karena air tsbt mengandung kaporit, juga bisa jadi sarang pertumbuhan bakteri candida albicans.
  3. Ganti Celana Dalam min 1x sehari.
  4. Ganti pembalut, ganti pula Celana Dalam saat menstruasi tiap 2jam sekali. Cuci tangan dulu jgn lupa.   
  5. Pakailah pembalut berkualitas dg bahan alami, hindari yg beraroma. Informasi pembalut berkualitas dengan tekhnologi anion.
  6. Hindari makanan / buah yang meningkatkan produksi lendir, misalnya : nanas, kol, timun.
  7. Jangan memegang vagina dgn kuku kotor.
  8. Jangan biarkan Celana Dalam lembab/basah.
  9. Lakukan pemeriksaan USG/Screening Uterus n Paps Smear secara rutin (minim 1th sekali). Dapatkan alat test yang telah dipatenkan untuk deteksi dini kesehatan daerah kewanitaan
  10. Hindari minum es dikala haid.
  11. Bahaya kapas ataupun tissue pada softex  yang terkoyak dari sarung softex.
Satu Perempuan selamat = satu keluarga selamat !!!  
Saatnya Waspada  dengan adanya SILENT KILLER di luar sana!!!
Cegah dengan menggunakan pembalut yang berkualitas. infomasi lebih lanjut hubungi kami

No comments:

Post a Comment