Sunday, December 4, 2011

Pengujian Kualitas Pembalut

Saya yakin sekali bagi anda wanita yang telah mengalami menstruasi, pasti pernah membeli dan menggunakan pembalut. Namun pertanyaan saya adalah, apakah anda pernah mencoba menguji kualitas pembalut yang biasa anda gunakan? apakah pembalut anda aman untuk kesehatan ataukah tidak?

Bagaimana cara menguji kualitas pembalut anda? 

Menurut anda, Apakah bahan utama pembalut anda? Kertas atau Kapas? pasti sebagian dari anda akan bilang kapan, mari kita buktikan
    1. Sobek produk pembalut anda, ambil sedikit bagian inti yang berwana putih di dalamnya. Bila anda pegang rasanya seperti kapas.  
    2. Ambil segelas air putih. Usahakan gunakan gelas transparan sehingga lebih jelas. 
    3. Ambil sebagian dari lembaran inti pembalut & celupkan ke dalam gelas, aduk dengan sumpit. 
    4. Lihat perubahan yang terjadi 
    5. Apakah bahan tersebut utuh atau hancur. 
      1. Jika tidak hancur, maka bahan yang digunakan adalah kapas. Mengapa? karena kapas memiliki daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik (wikipedia/kapas) sehingga tidak mungkin hancur bila terendam air
      2. Jika hancur dan airnya keruh, maka bahan yang digunakan bukan kapas melainkan kertas bekas yang dengan proses kimia dan pemberian pewarna bisa menjadi putih.   
Bagaimakah Daya Serap pembalut anda?
  1. Bukalah pembalut anda dari pembungkusnya letakkan diatas meja, 
  2. Tuanglah air diatas pembalut tersebut
  3. setelah itu ambilah tissue dan tempelkan diatas pembalut, tekan dengan sangat kuat dengan telapak tangan anda
  4. Angkatlah telapak tangan anda. Bila tissue menempel ditelapak tangan anda, dan anda merasa basah maka pembalut anda memiliki daya serap minim   
Apakah efek dari daya serap yang minim ini? pada saat seorang wanita duduk tanpa disadari maka cairan kotor dari pembalut akan keluar kembali karena terkena tekanan dan naik ke atas dan masuk kembali ke organ kewanitaan. Hal ini yang akan menyebabkan infeksi dan timbulnya masalah kewanitaan. Hati-hati jika anda merasa saat memakai pembalut terasa becek / tidak kering. 

Apakah berbahaya perekat yang digunakan oleh pembalut anda?
  1. Pada saat pengujian diatas selesai, cobalah untuk mengangkat pembalut yang telah anda lekatkan diatas meja
  2. Bila pada saat ditarik lem dari pembalut anda tertinggal di meja dan sulit untuk dikelupas, karena rekatannya begitu kuat. anda patut berhati-hati, mengapa? karena lem yang baik digunakan untuk pembalut adalah lem yang alami, mudah untuk dibuka dan tidak meninggalkan bekas. 
  3. Lem yang begitu kuat menempel adalah lem yang diproses secara kimiawi sama seperti lem untuk kayu, dll. Bila tertinggal di celana anda akan sulit dihilangkan walaupun sudah dicuci, zat kimia yang tertinggal didalam celana dapat berbahaya untuk kesehatan. 
Sekarang lakukan percobaan anda sendiri, dan temukan jawabannya, apakah pembalut yang telah anda gunakan selama ini berkualitas baik?
 
 

No comments:

Post a Comment